Macam – macam Kucing lucu


Macam – macam Kucing

Posted By Ariska Muliya


1. Kucing Persia



Kucing ini merupakan jenis berbulu panjang yang paling populer. Kucing persia akan sangat senang hidup sebagai kucing rumahan. Mereka bisa akrab dengan kucing lain, binatang lain dan anak-anak. Kucing persia sangat responsif dan menjadi sumber kebahagiaan bagi pemiliknya. Sesuai dengan namanya kucing ini berasal dari Persia (sejak tahun 1935 disebut Iran) memiliki warna dan pola bulu yang beragam. Umumya kucing Persia memiliki Sikap yang manis, tenang dan penyayang dan pendiam. Berdasarkan bulunya, kucing persia terbagi menjadi 2 tipe yatiu yang berbulu panjang dan yang berbulu pendek.


Lalu apa perbedaan antara kucing persia dan kucing Anngora?.

Kucing Anggora berasal dari kota Angora (pada tahun 1930 disebut Ankara, Turki). Memiliki ciri-ciri badan tegap, tinggi dan langsing, bulu hanya panjang disekitar leher, perut dan ekor, hidung mancung. Pada umumnya kucing persia memiliki ciri-ciri kepala dan mata yang besar dan bulat, hidung pesek dan lebar, bulu panjang, tebal dan mengkilap menutupi seluruh badan.


2. Kucing Ragdolls



Kucing ini merupakan kucing yang paling patuh dari semua jenis kucing. Diberi nama Ragdolls karena kebiasaan khas mereka yang suka berbaring di lengan kita. Kucing ini sangat penyayang dan ramah sehingga bisa menjadi hewan peliharaan kita yang sangat baik. Pada umumnya berwarna cokelat tua, abu-abu dan variasi putih. Memiliki sikap yang sangat tenang, cepat beradaptasi dan akrab dengan pemiliknya, cerdas dan sopan. Sangat sesuai untuk teman bermain anak-anak. Memiliki ciri-ciri besar, bertulang tebal, berat. Kucing ini memiliki bahu, dada, dan cakar yang lebar. Bulu-bulunya panjang dan tebal terutama disekitar leher. Matanya biru, bulat dan besar. Bulu kaki di kaki belakang lebih panjang dari pada yang didepan.


3. Kucing Egyptian Mau




Kucing yang mengagumkan ini adalah satu-satunya jenis alami dari kucing tutul. Berasal dari Mesir. Memiliki warna perak, perunggu, hitam dan biru. Perangainya sanagt aktif,cerdas dan menghibur. Ciri yang berbeda dari kucing lainya yaitu bentuk pol bulu yang berbintik atau tutunya yang kehliatan kontras dengan warna tanah. Tutul gelap tersebar secara sembarang. Kaki dan ekor sama-sama memiliki warna yang lebih gelap. Kucing ini memiliki mata hijau yang ekspresi, seperti memiliki garis mata yang khas, dan ekspresi cemas waspada di wajahnya.


4. Kucing Abbyssinian




Kucing ini merupakan salah satu jenis yang paling populer. Kucing Abyssinian yang besar dan tegap kemungkinan besar pernah menjadi hewan yang dipuja di masa lampau Mesir. Kucing ini juga memperoleh popularitas yang banyak di pertunjukkan kucing, kebanyakan menyangkut keunikan warna bulunya. Mereka biasanya sangat cocok dengan anak-anak dan hewan peliharaan lain. Kucing ini berasal dari Mesir (Etiopia) memiliki warna yang kemerah-merahan, biru dan mirip anak rusa. Memiliki sikap yang cerdas, aktif, suka bermain dan merupakan kucing yang ramah dan rasa ingin tahu akan hal baru. Kucing Abyssinian memiliki bentuk tubuh yang luwes dan berotot. Memiliki kepala yang besar, telinga yang besar dan tajam. Memiliki mata yang ekspresif. Lingkaran gelap pada kelopak mata menonjolkan mata dan membuat kucing tersebut seperti memakai eyeliner hitam. Tubuhnya panjang dan berotot, dengan kaki-kaki yang yang langsing dan tulang yang kuat.


5. Kucing Birman Cat




Dikenal sebagai kucing keramat Birma. Sangat tampan dengan pola warna menarik dan jari-jari kakinya yang putih bersih. Kucing Birma masih termasuk jenis yang langka. Kucing ini berasal dari Birma, memiliki warna yang bervariasi seperti hitam, cokelat dan lilac. Memiliki perangai yang cerdas dan lincah, dan memiliki daya tarik yang kuat dan sangat cocok dengan anak-anak atau hewan lainya.

Kucing Birma merupakan kucing yang besar dengan bulu panjang lembut yang cenderung melambai di bagian perut dan tidak kusut. Terdapat bulu yang lembut di bagian leher. Tubuhnya pendek gemuk, kaki-kakinya kokoh dan cukup panjang. Cakarnya bulat, tegap, dan agak besar jika jari-jarinya didekatkan. Ekornya cukup panjang dan lebat. Matanya biru sipit. Kepala yang lebar bulat memiliki daerah yang rata di depan telinga yang lebar.


6. Kucing Turkish Van




Turkish Van adalah kucing yang mandiri. Bulu-bulu mereka yang indah selembut sutra membuat kita senang untuk merawatnya, dan kesenangan mereka bermain air sangat menghibur kita. Kucing ini berasal dari Turki, memiliki warna yang sangat bervariasi. Perangainya lembut, pintar aktif, dan suka bermain. Bulu-bulunya putih bersih. Warna yang muncul hanya di dekat ekor dan kepala yaitu warna hitam, biru, cream, merah. Bagian wajahnya sebagian bernuansa putih. Tubuhnya tebal dan kuat. Mata yang besar, bulat, sipit dan angkuh. Ekornya panjang dan lebat, telinga besar terletak si bagian atas kepala.


7. Kucing Turkish Anggora




Cara bergerak yang lemah gemulai adalah ciri dari Anggora. Bulunya yang selembut sutra, tubuh yang elegan panjang, telinga menunjuk yang tegak lurus dan mata besar cerdas membuat Anggora sangat dihargai kecantikan dan keanggunannya. Memiliki warna yang putih bersih, sebagian besar warna dan pola muncul kecuali merupakan hasil kawin silang seperti warna cokelat dan lembayung. Memiliki perangai selalu siaga, setia, cerdas.

Memiliki ciri-ciri tubuh yang panjang, telinga besar dan menunjuk, mata besar berbentuk kacang almond. Bentuk kepala sepenuhnya berbeda. Anggora memiliki kepala yang kecil berbentuk baji pada leher yang panjang, ramping, dan anggun. Kaki-kakinya panjang, cakar bulat dan cantik, serta ekor yang panjang dan runcing. Anggora bergerak sedikit lemah gemulai seperti penari. Anggora memiliki bulu yang panjang dan indah pada ekor dan sekeliling lehernya.


8. Kucing Maine Coon




Nama jenis kucing Maine Coon sendiri berasal dari nama negara bagian di USA, Maine. Tapi asal usul dari kucing ini sama sekali tidak diketahui. Yang ada hanya dongeng dan mitos saja. Kucing Maine Coon mampu bertahan dalam salju dan udara dingin sekalipun karena memiliki bulu yang tebal dan anti air, ditambah terdapat bulu yang sangat tebal di bagian kaki, perut kemudian leher.


Jenis kucing ini memiliki badan yang besar. Untuk kucing jantan saja beratnya antara 6-9 kg. Sedangkan untuk kucing betina 4-6 kg. Maine Coon juga memiliki mata dan telinga besar mencerminkan kemampuan penglihatkan dan pendengaran yang lebih.


Secara umum ciri-ciri kucing Maine Coon adalah sebagai berikut : Badan besar dan panjang serat agak berbentuk segi empat. Memiliki tulang dan otot yang kuat. Mata lebar (oval). Telinga besar (lebar di bawah). Dahi melengkung, Otot pipi sangat menonjol. Hidung lebar dan melengkung di ujungnya. Ekor panjang dan lebar, bulunya tebal dan tahan air (sedikit berminyak).

9. Kucing Manx


 
Jenis kucing ini berasal dari britania raya tepatnya di sebuah pulau kecil bernama Isle of Man. Dan sudah dikenal disana, bahkan sebelum lahirnya Cat Fancy pada tahun 1870. Kemudian mulai populer di Amerika Serikat pada tahun 1930. Saking tuanya ada banyak mitos yang menyertai perjalanan hidup dari Kucing Manx. Kucing Manx ini tidak mempunyai ekor, bahkan kalaupun mempunyai, itu juga sangat pendek. Berikut beberapa ciri ciri kucing manx yang khas : Kepala bundar, pipi menonjol, Mata besar, leher pendek. Mempunyai telinga dengan ukuran sedang. Memiliki dada lebar, tulang punggung melengkung (sampai pinggul), bulunya terdiri dari pendek dan tebal.

10. Kucing Munchkin




Salah satu dari banyak ras kucing adalah ras Munchkin. Ciri khusus dari Jenis kucing ini adalah berkaki pendek. Walaupun memiliki kaki pendek tetapi tidak ada masalah maupun gangguan pada tulang punggungnya. Sifat dari jenis kucing ini adalah sangat suka bermain. Pokoknya enaklah kalau diajak main-main sama majikannya. Ini dikarenakan Munchkin mudah beradaptasi dengan manusia maupun hewan yang lain.


11. Kucing Cymric




Salah satu ras kucing adalah Cymric. Karateristik sifatnya menurut beberapa orang sedikit mirip dengan anjing yaitu suka menggeram terhadap sesuatu yang mengganggunya. Sifatnya yang lain adalah menyukai benda-benda yang bersinar seperti cahaya. Cymric dari sisi fisiknya mirip dengan jenis kucing Manx. Yang membedakannya hanyalah panjang bulunya. Bahkan karena miripnya ada yang menduga bahwa ras kucing ini adalah hasil persilangan antara Manx dengan Persia.


12. Kucing Bombay



Kucing ras Bombay (American/British Bombay, Australian Bombay) ini awalnya dikembangkan di Amerika Serikat, merupakan kucing hasil kawin silang dan hybrid dari kucing ras American Shorthair dengan kucing ras Burmese. Kucing Bombay ini bertubuh medium, termasuk jenis shorthair (berbulu pendek), dengan warna hitam pekat.


Kucing ini mempunyai penampilan yang sangat mirip dengan macan kumbang hitam. Berbulu pendek dengan warna hitam gelap gulita, mengkilat, bulunya sehalus satin. Bahkan hidung dan kulitnya serta cakarnya juga berwarna hitam. Tubuhnya berukuran sedang, namun kokoh dan berotot, sehingga saat ditimbang lebih berat dari kelihatannya. Bentuk hidungnya bulat dan tidak terlalu pendek. Oleh karena kemiripannya dengan macan kumbang hitam, maka kucing ras Bombay kadang disebut juga "Little Black Panther" (macan kumbang kecil).


Kucing ras Bombay ini kepribadiannya sangat lembut, sangat suka dengan manusia, dan bersikap anggun serta tenang. Kalau tidur, kucing ini suka tidur dengan posisi melingkar (memeluk dirinya sendiri) agar tubuhnya tetap hangat, bila ada selimut, dia akan berusaha tidur di bawah selimut. Mereka sudah mencapai kematangan saat berusia 5 bulan (lebih muda atau lebih cepat mencapai kematangan dibandingkan kucing lain yang biasanya pada usia 8 bulan).


13. Kucing Siamese




Siamese adalah salah satu yang pertama jelas diakui kucing Oriental breeds. Kucing ini berasal dari Asia Tenggara. Memiliki tubuh yang ramping, dan tubuh berotot. Kepala berbentuk segitiga, dengan moncong tipis. Telinga yang besar dan bulu yang pendek, mengkilap, halus, lembut, ketat. Kucing ini sangat komunikatif, dan sangat ingin diperhatikan. Sikapnya periang dan akan sedih jika diabaikan. Jenis kucing ini dan sangat setia dan dekat dengan satu orang. Mereka sangat cerdas dan penuh kasih...


14. Kucing Savana




Kucing Savana ini memiliki postur tubuh yang lebih besar dibangingkan kucing lain pada umumnya. Kucing ini merupakan perkawinan silang antara serval dan kucing domestik. Savana memiliki sikap yang patuh dan setia seperti anjing. Mereka juga dapat dilatih untuk berjalan di atas tali. Savana yang sangat ingin tahu, dan telah dikenal masuk ke dalam segala macam hal. Kucing jenis ini telah sering belajar bagaimana untuk membuka pintu dan lemari. Savana merupakan kucing yang tidak takut dengan air. Beberapa pemilik bahkan mandi dengan kucing mereka Savana.


15. Kucing British Shorthair




Ras British Shorthair merupakan kucing keturunan yang dibawa ke Britain oleh Roma kemudian di silangkan dengan kucing liar asli. Kemudian hasil persilangannya disilangkan kembali dengan ras Persia untuk meningkatkan ketebalan mantel rambutnya. British Shorthair adalah kucing sangat kuat, orang mendeskripsikan bentuk tubuh ras kucing ini berbentuk "persegi". Mereka Memiliki karakter yang stabil dan termasuk kucing indoor. Perbedaanya dengan British Longhair hanya pada bulunya yang panjang.


16. Kucing Scottish Fold



Ras dari kucing dengan gen dominan yang mengalami mutasi mengakibatkan tulang rawan telinganya melipat. Telinga ras kucing ini terlihat membungkuk ke depan dan ke bawah ke arah depan kepala mereka sehingga kucing sering digambarkan seperti " burung hantu.

17. Kucing Russian Blue



Ras kucing ini memiliki mantel rambut berwarna biru-perak. Memiliki mantel rambut terlihat indah, dan meskipun pendek sehingga tidak memerlukan perawatan yang rutin. Postur kucing ini lentur dan atletis, berukuran sedang, dengan telinga besar dan mata biasanya berwarna emas-hijau. Kucing ini dikenal sangat cerdas dan lucu tapi cenderung pemalu di sekitar orang-orang asing. Ras kucing ini memiliki rasa suka penasaran, menyenangkan dan setia, agak pemalu terhadap orang-orang asing sekitarnya atau dalam lingkungan asing.


18. Kucing Snow shoe




Ras Snowshoe adalah ras kucing yang jarang dan relatif baru berasal dari amerika serikat. Ras hasil persilangan siam dan amerika Shorthair ini memiliki karakteristik yang unik, yang menarik adalah keempat kaki ras kucing ini terlihat seperti kucing yang sedang memakai sepatu salju yang berwarna putih selain itu muka kucing ini terlihat seperti memakai topeng. Snow shoe tidak takut air dan dapat berenang pada suatu kesempatan. Meskipun sangat aktif, ras kucing ini tidak gelisah dan sering berada pada tempat yang tinggi.

 19.Kucing Siberian




Kucing Siberian merupakan ras domestik dari rusia. Ras kucing ini memiliki kesamaan terhadap ras kucing jenis Maine Coon dan Norwegian Forest Cat, yang merupakan ras kucing alami dan ras kucing nasional Rusia. Siberia ini mirip anjing. Kucing ini dengan setia akan datang menyambut kedatangan pemiliknya dengan suara unik dari mereka. Ras kucing ini tampaknya terpesona dengan air dan cenderung suka menjatuhkan mainan di dalamnya. Ras kucing ini ramah, energik dan cerdas.
  
20.Kucing Norwegian Forest



Norwegian Forest Cat merupakan ras kucing domestik asli Eropa utara, dan beradaptasi dengan cuaca dingin. Di Norwegia ras ini dikenal sebagai skogkatter. Ras kucing ini memiliki bulu yang panjang dan tebal. Daerah telinga dan diantara kaki memiliki rambut tebal, serta rambut ekor yang panjang dan tebal sehingga sangat berguna melindungi mereka dari cuaca dingin
 
  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS

0 Response to "Macam – macam Kucing lucu"

Posting Komentar